EFEKTIVITAS PENGOLAHAN LIMBAH CAIR INDUSTRI TEPUNG PATI AREN DENGAN METODE KOAGULASI FLOKULASI DAN BIOFILTER ANAEROB UNTUK MENURUNKAN KADAR BOD5, COD, DAN TSS

MAULANA, ZACKY ISYWAL (2020) EFEKTIVITAS PENGOLAHAN LIMBAH CAIR INDUSTRI TEPUNG PATI AREN DENGAN METODE KOAGULASI FLOKULASI DAN BIOFILTER ANAEROB UNTUK MENURUNKAN KADAR BOD5, COD, DAN TSS. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
SKRIPSI PDF.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu industri pangan yang berkembang adalah industri tepung pati aren. Dalam memenuhi kebutuhan pangan manusia selalu membutuhkan makanan. Bahan dasar makanan yang digunakan dalam pembuatan makanan salah satunya menggunakan tepung pati aren. Industri pengolahan sagu aren berpotensi mencemari lingkungan dengan menghasilkan limbah cair dan limbah padat. Dengan demikian dibutuhkan pengolahan air limbah sebagai upaya untuk dapat diminimalisir dampak negatif pencemaran yang dihasilkan sebelum hasil samping tersebut dibuang ke lingkungan agar dikemudian hari tidak menimbulkan pencemaran yang merugikan masyarakat sekitar. Penelitian ini dilakukan dengan membuat alat koagulasi flokulasi dan biofilter anaerob dengan media sarang tawon. Sebelum dilakukan pengolahan, dosis optimum ditentukan melalui jar test dengan variasi dosis yaitu 100 mL, 120 mL, 140 mL, 160 mL, dan 180 mL dengan bahan koagulan yaitu Larutan Alumunium Sulfat (Al2SO4). Setelah dilakukan jar test maka dilakukan proses koagulasi flokulasi yang kemudian dialirkan ke bak biofilter anaerob untuk menentukan waktu tinggal optimum, dengan variasi waktu tinggal yaitu 24 jam, 36 jam, 48 jam, 60 jam, 72 jam, 84 jam, 96 jam. Variasi dosis optimum untuk koagulasi – flokulasi didapat pada dosis optimum 100 mL dengan efesiensi penurun kadar BOD5 yaitu 24,36%, untuk kadar COD yaitu 17,61% dan kadar untuk TSS yaitu 20,23%. Variasi waktu tinggal dalam proses teknologi biofilter anaerob memiliki efesiensi penurunan optimum pada waktu 72 jam untuk BOD5 yaitu 98,30%, untuk kadar COD yaitu 93,93%, dan untuk TSS yaitu 97,68%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Koagulasi flokuasi, biofilter anaerob, sarang tawon
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Sains Terapan > Teknik Lingkungan (S1)
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:41
Last Modified: 25 Aug 2020 02:41
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item View Item