PENGUKURAN WAKTU KERJA DALAM MENENTUKAN WAKTU STANDAR GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA (Study kasus : Home Industry Irasari Leather)

Irawan, Sony (2019) PENGUKURAN WAKTU KERJA DALAM MENENTUKAN WAKTU STANDAR GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA (Study kasus : Home Industry Irasari Leather). Diploma thesis, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Tugas Akhir)
LAPORAN TA SONY IRAWAN.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Irasari Leather merupakan home industry yang bergerak dibidang pembuatan produk berbahan dasar kulit diantaranya sepatu kulit. Masalah utama dalam proses produksi pembuatan sepatu di Ira sari Leather adalah tidak adanya waktu standar yang dapat dijadikan acuan dalam bekerja sehingga tidak dapat diketahui tingkat produktivitas kerjanya. Metode yang digunakan adalah metode stopwatch time study, setelah diketahui waktu standarnya, kemudian dilakukan perbaikan berdasarkan waktu standar yang diperoleh sebelumnya, mengurangi gerakan-gerakan yang tidak efektif, dan mengurangi waktu yang terbuang sehingga dapat diketahui tingkat produktivasnya. Hasil dari penelitian yang dilakukan diperoleh waktu normal yang optimal bagi masing masing pekerja yakni, pada penggambaran pola sebesar 74,3 detik, pada pemotongan bagian bawah sebesar 65,37 detik, pada pemotongan bagian atas sebesar 191,7 detik, pada penjahitan 1 sebesar 126 detik, pada penjahitan 2 sebesar 327,86 detik, pada proses perakitan sebesar 50,46 detik, pada proses pengeleman sebesar 67,84 detik, pada proses pengecatan cat sepatu sebesar 141,08 detik dan pada proses packing sebesar 22,36 detik, sehingga diperolehlah waktu standar yang optimal sebesar 0,3387 jam lebih cepat dari waktu standar yang diperoleh pada pengukuran awal sebesar 0,3672 untuk menghasilkan satu unit sepatu kulit. Dari perhitungan produktivitas kerja pada pengukuran awal diperoleh standar produktivitas kerja sebesar 2,72 unit/jam, kemudian dari perhitungan produktivitas kerja menggunakan pengukuran waktu kerja model baru diperoleh standar produktivitas kerja sebesar 2,95 unit/jam. Dari perbandingan produktivitas kerja awal dengan yang model baru, terjadi peningkatan sebesar 0,23 unit/jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Stopwatch Time Study, Waktu Standar, Produktivitas
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknologi Industri (D3)
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:25
Last Modified: 25 Aug 2020 02:25
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item View Item