PERENCANAAN PROSES PRODUKSI PENYABLONAN TSHIRT DENGAN METODE AGGREGATE PLANNING HEURISTIK UNTUK MINIMASI BIAYA DI DOUBLEFIVE STORE AND CLOTHING YOGYAKARTA

NUGROHO, IUS ADI (2019) PERENCANAAN PROSES PRODUKSI PENYABLONAN TSHIRT DENGAN METODE AGGREGATE PLANNING HEURISTIK UNTUK MINIMASI BIAYA DI DOUBLEFIVE STORE AND CLOTHING YOGYAKARTA. Diploma thesis, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Tugas Akhir)
ALL LAPORAN PDF.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Aggreggate Planning merupakan cara untuk memperkirakan jumlah output yang akan diproduksi untuk memenuhi permintaan yang diperoleh dari peramalan selama priode lebih dari 3 bulan atau kurang dari 18 bulan ke depan untuk memenuhi permintaan sesuai dengan kapasitas keseluruhan produksi prusahaan untuk meminimasi total biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Double Five Store and cloting merupakan perusahaan yang bergerak di bidang bisnis online dengan memproduksi penyablonan t-shirt. Namun perushaan ini belum menemukan cara untuk meminimasi total biaya pengeluaran. Oleh karena itu dilakuakan penelitian tentang aggregate planning untuk memungkinkan perusahaan menyusun suatu cara pemanfaatan sumber daya dan persediaan secara optimal agar dapat mencapai kapasitas yang efektif dan efisien yang dibuat berdasarkan ramalan permintaan dimasa yang akan datang guna untuk meminimasi biaya total pengeluaran. Metode yang digunakan adalah metode Heuristik dengan menghitung perencanaan pengendalian tenaga kerja dan pengendalian persediaan. Berdasarkan hasil dari penelitian diketahui bahwa dengan menggunakan metode pengendalian tenaga kerja maka biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan lebih sedikit dibandingkan dengan metode pengendalian persediaaan. Biaya yang dikeluarkan berdasarkan metode terpilih adalah Rp. 20.442.987,22 dengan selisih Rp.10.025 dari pengendalian persediaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aggregate Planning, Metode Heuristik, Pengendalian Persediaan
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknologi Industri (D3)
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:22
Last Modified: 25 Aug 2020 02:22
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/95

Actions (login required)

View Item View Item