ANALISIS BEBAN KERJA UNTUK MENENTUKAN JUMLAH TENAGA KERJA PADA BAGIAN PRODUKSI GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DI PT. MANDIRI JOGJA INTERNASIONAL

PRANOWO, NURHADI DWI (2019) ANALISIS BEBAN KERJA UNTUK MENENTUKAN JUMLAH TENAGA KERJA PADA BAGIAN PRODUKSI GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DI PT. MANDIRI JOGJA INTERNASIONAL. Diploma thesis, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Tugas AKhir)
Tugas Akhir - Nurhadi Dwi Pranowo.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jumlah tenaga kerja yang optimal akan meningkatkan produktivitas yang ada dialam perusahaan. PT. Mandiri Jogja Internasional adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang konveksi kulit dengan jumlah tenaga kerja pada bagian produksi yang cukup banyak dan memiliki kapasitas produksi yang banyak pula. Dalam kondisi tersebut perlu dilakukan analisis beban kerja untuk menentukan jumlah tenaga kerja yang optimal untuk dapat meningkatkan produktivitas yang ada. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Penelitian ini menggunakan Metode Work Load Analysis dalam menentukan tenaga kerja yang optimal setelah itu menghitung dan membandingkan produktivitas sebelum dan sesudah usulan dilakukan. Produktivitas yang didapat lalu digunakan untuk menghitung berapa besar peningkatan produktivitas yang didapat dari perubahan tenaga kerja yang ada dan nantinya dapat memberikan usulan dan saran kepada perusahaan agar dapat meningkatkan produktivitas maupun menurunkan beban kerja yang dapat merugikan karyawan. Penelitian dilakukan pada bagian produksi saja dan tidak menyinggung bagian perusahaan yang lain. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan terjadi pengurangan jumlah tenaga kerja yang harus dilakukan dengan jumlah tenaga kerja awal sebanyak 55 orang dan jumlah tenaga kerja usulan yang diberikan sebanyak 52 orang hal ini memperlihatkan bahwa jumlah tenaga kerja yang ada sudah hampir optimal tetapi masih ada beberapa proses yang memiliki tenaga kerja yang berlebih, dengan peningkatan produktivitas dari 2,18 menjadi 2,31. Peningkatan produktivitas yang didapatkan sebesar 0,13.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Beban Kerja, Work Load Analysis, Produktivitas, Tenaga Kerja, Waktu Siklus
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknologi Industri (D3)
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:14
Last Modified: 25 Aug 2020 02:14
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item View Item