USULAN PERENCANAAN PERAWATAN DAN ANALISIS KELAYAKAN PENGGANTIAN MESIN HOIST MENGGUNAKAN METODE MARKOV CHAIN DAN THERBOGH MODEL (Studi Kasus di PT. Aneka Adhilogam Karya)

Wahyudi, Rizky (2020) USULAN PERENCANAAN PERAWATAN DAN ANALISIS KELAYAKAN PENGGANTIAN MESIN HOIST MENGGUNAKAN METODE MARKOV CHAIN DAN THERBOGH MODEL (Studi Kasus di PT. Aneka Adhilogam Karya). Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
SKRIPSI PDF.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

PT. Aneka Adhilogam Karya (AAK) merupakan perusahaan swasta nasional yang awalnya berdiri tahun 1968 dan saat ini bergerak dalam bidang pengecoran logam. Mesin hoist di pabrik tersebut sudah beroperasi selama 14 tahun menyebabkan mesin tersebut sudah sering mengalami kerusakan, sehingga perlu dilakukan perawatan mesin yang terencana dan analisis kelayakan dalam penggantian mesin untuk menghindari pabrik mengalami kerugian akibat kerusakan mesin. Saat ini pabrik masih menerapkan sistem perawatan korektif pada mesin hoist, belum ada penjadwalan perawatan mesin yang terorganisir serta belum mulai untuk mempertimbangkan kelayakan penggantian mesin baru, sehingga mesin lama masih sangat berpeluang untuk terjadi kerusakan pada saat proses produksi. Tujuan penelitian ini adalah memberikan usulan kebijakan pemeliharaan yang optimal sehingga pemborosan biaya perawatan mesin hoist dapat dikurangi serta menganalisis kelayakan dalam melakukan penggantian mesin berdasarkan perbandingan dari biaya mesin lama dan mesin baru sehingga pabrik mulai dapat memikirkan kebijakan penggantian mesin untuk periode selanjutnya. Metode yang digunakan adalah markov chain untuk mengetahui usulan perencanaan perawatan yang tepat, dan therbogh model untuk mengetahui waktu kelayakan penggantian mesin hoist. Hasil dari metode markov chain adalah diperoleh kebijakan alternatif ke 2, kebijakan tersebut merupakan kebijakan pemeliharaan korektif pada status 3 (rusak sedang) dan preventif pada status 2 (rusak ringan), biaya pemeliharaannya sebesar Rp. 2.858.072 lebih rendah dari kebijakan perawatan perusahaan yang dilakukan. Dan metode thebogh model diperoleh hasil UAE (Uniform Annual Equivalent) mesin baru sebesar Rp. 9.064.970 lebih rendah apabila perusahaan tetap mempertahankan mesin lama pada periode ke 15 (2020) dengan biaya sebesar Rp. 12.109.125.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Markov Chain, Therbogh Model, Straight Line
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:31
Last Modified: 18 Aug 2020 03:31
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item View Item