ANALISIS HUMAN RELIABILITY ASSESSMENT DENGAN METODE FUZZY HEART DAN JSA PADA OPERATOR PAPER MACHINE (Studi Kasus: PT. PINDO DELI PULP & PAPER I)

Sekarini, Dian (2020) ANALISIS HUMAN RELIABILITY ASSESSMENT DENGAN METODE FUZZY HEART DAN JSA PADA OPERATOR PAPER MACHINE (Studi Kasus: PT. PINDO DELI PULP & PAPER I). Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
SKRIPSI_DIAN SEKARINI_151021037.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

PT. Pindo Deli adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang pembuatan kertas. Berdasarkan data kecelakaan pada bulan Januari-Juni 2019 departemen PM 1-4 mengalami 10 kejadian kecelakaan kerja yang disebabkan oleh human error dengan rasio kecelakaan sebesar 65% dari seluruh kejadian human error yang ada di seluruh departemen. Pada paper machine 4, tercatat ada 3 kecelakaan kerja pada operator yang berbeda. Ketiga kecelakaan tersebut terjadi ketika operator sedang melakukan aktivitas menyambung kertas. Kajian ini dilakukan untuk mengidentifikasi risiko kecelakaan kerja yang diakibatkan oleh human error dan menentukan tingkat error yang ditimbulkan dengan metode Human Error Assessment and Reduction Technique (HEART) dan mengukur tingkat risiko kecelakaan kerja dengan metode Job Safety Analysis (JSA). Penilaian menggunakan HEART terdapat ketidakpastian dalam penilaian risiko kesalahan, sehingga membutuhkan logic fuzzy linguistic. Hasil penelitian menunjukkan pekerjaan yang menghasilkan nilai Human Error Probability (HEP) lebih dari 0,5 ada pada task 2.3 yaitu melempar kertas ke mesin calender sebesar 0,85 dan task 3.4 yaitu melempar kertas ke pope reel menghasilkan nilai HEP sebesar 0,59. Tingkat risiko kecelakaan task 2.3 yaitu priority 3 dan task 3.4 yaitu substantial dengan risk reduction 60% dan 50%. Potensi bahaya dengan level risiko priority 3 perlu dilakukan perbaikan secepatnya, yaitu dengan membuat fasilitas keterangan work instruction di area kerja, pemahaman mengenai potensi bahaya dan K3, pendataan riwayat sakit dan cek kesehatan rutin. Level risiko dengan level substantial perlu dilakukan perbaikan secara teknis, yaitu dengan penggunaan tail threading.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: human error, human reliability assessment, hierarchycal task analysis, fuzzy human error assessment and reduction technique, job safety analysis.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 18 Aug 2020 02:44
Last Modified: 18 Aug 2020 02:44
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item View Item