EVALUASI KUALITAS KOMPONEN BODY CLOSET DUDUK TYPE CW 420 J DENGAN METODE TOYOTA BUSINESS PRACTICE PADA PT. SURYA TOTO INDONESIA, TBK UNIT CIKUPA

Yudha, Eric Sandi (2020) EVALUASI KUALITAS KOMPONEN BODY CLOSET DUDUK TYPE CW 420 J DENGAN METODE TOYOTA BUSINESS PRACTICE PADA PT. SURYA TOTO INDONESIA, TBK UNIT CIKUPA. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
SKRIPSI ERIC SY.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

PT Surya Toto Indonesia, Tbk unit Cikupa merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang sanitary wares. Komponen body closet duduk type CW420J sering sekali ditemukan banyaknya cacat yang mencapai 20% dari jumlah produksi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut serta mendapatkan hasil yang optimal diperlukan usulan-usulan peraikan guna memperbaiki kualitas produk pada proses produksi komponen body closet duduk type CW420J. Toyota Business Practice dapat digunakan dalam meningkatkan produktifitas dan meminimalisir kecacatan guna mencapai kualitas produk yang optimal. Kajian ini dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi, melakukan perincian masalah yang diprioritaskan, menetukan target perbaikan, menentukan faktor – faktor penyebab terjadinya masalah menggunakan fishbone diagram dan menentukan usulan perbaikan. Berdasarkan hasil pengolahan Toyota Business Practicess menunjukan adanya gap antara keadaan aktuan dan ideal dengan perbedaan gap mencapai 13.676 unit. Sebanyak 64% cacat yang terjadi pada proses forming, diantaranya cacat retak 25%, body kurang 20% dan lubang kecil 19%. Target yang akan dicapai yaitu pada proses forming harus lebih ditingkatkan lagi fokus pada pekerja dalam pemasangan bidang sambung, pengerjaan body dan pengaturan valve pada mesin forming. Faktor penyebab terjadinya masalah dari cacat retak yaitu faktor metode, manusia, mesin dan lingkungan. Dari cacat body kurang yaitu faktor metode, mesin dan manusia. Dari cacat lubang kecil yaitu faktor mesin dan material. Perbaikan dalam mengatasi masalah yang terjadi yaitu bidang sambung harus dalam keadaan bersih pada saat pemasangan rim dengan body, pemberian lem harus cukup, mengatur jarak antar body, pekerja harus selalu berhati-hati, lebih teliti dan mengikuti prosedur kerja, pengaturan valve harus sesuai standar yang sudah ditetapkan dan melakukan pembersihan valve secara rutin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Toyota Business Practicess, Kualitas Produk, Fishbone Diagram
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 18 Aug 2020 02:38
Last Modified: 18 Aug 2020 02:38
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/76

Actions (login required)

View Item View Item