Rancang Bangun Sistem Kendali Driver Motor DC Magnet Permanen Dengan Metode Pwm Sebagai Penggerak Mobil Listrik Berbasis OP-AMP

Sudiyono, Sudiyono and Suyanto, Muhammad and Kristiyana, Samuel (2015) Rancang Bangun Sistem Kendali Driver Motor DC Magnet Permanen Dengan Metode Pwm Sebagai Penggerak Mobil Listrik Berbasis OP-AMP. Jurnal Elektrikal, 2 (2). pp. 62-69. ISSN 2338-7742

[img] Text (Peer Review Rancang Bangun Sistem Kendali Driver Motor DC magnet Permanen dengan Metode PWM sebagai Penggerak Mobil Listrik Berbasis OP-AMP)
15-1_RANCANG BANGUN SISTEM KENDALI DRIVER MOTOR DC MAGNET PERMANEN DENGAN METODE PWM SEBAGAI PENGGERAK MOBIL LISTRIK BERBASIS OP-AMP.pdf - Submitted Version

Download (837kB)

Abstract

Perkembangan teknologi kendaraan listrik sekarang ini semakin cepat berkembang.Banyak hal menyebabkan para ahli untuk terus melakukan riset atau penelitian kendaraan berbasis tenaga listrik. al ini berdasar karena keterbatasan bahan bakar fosil yang semakin berkurang. Pada penelitian ini dibuat sebuah modul sistem kendali driver motor DC magnet permanen dengan metode PWM (Pulse Width Modulation) sebagai penggerak mobil listrik ramah lingkungan berbasis op-amp. Untuk menghasilkan sinyal PWM, op-amp di memanfaatkan sebagai comparator tegangan referensi dengan tegangan gelombang segitiga. Untuk mengatur kecepatan motor DC dilakukan dengan cara mengubah-ubah besarnya duty of cycle pulsa dengan amplitudo dan frekuensi pulsa tetap, sedangkan besarnya duty of cycle berubah-ubah sesuai dengan kecepatan yang diinginkan. Semakin besar duty of cycle maka semakin cepat pula kecepatan motor, dan sebaliknya semakin kecil duty of cycle maka semakin pelan pula kecepatan motor. Hasil perancangan dan penelitian menunjukkan bahwa keluaran amplitudo PWM sebesar 3,2 volt, dengan tegangan referensi 2,3 volt sampai 8,4 volt. Tegangan maksimum driver motor sebesar 65,9 volt dengan putaran motor 578,81 RPM. Maksimum jarak tempuh mobil listrik dalam waktu satu jam 14,26 km dengan kapasitas pemakaian baterai 3,8 jam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Motor DC, Op-Amp, PWM, duty of cycle
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Samuel Kristiyana
Date Deposited: 30 Jan 2022 14:18
Last Modified: 30 Jan 2022 14:18
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/612

Actions (login required)

View Item View Item