MATRIKS PEMBOBOT A MULTIDIRECTIONAL OPTIMUM ECOTOPE BASED ON ALGORITHM (AMOEBA) DAN NEAR NEIGHBOURHOOD KERNEL PADA GETIS ORD-G STATISTIC (Studi Kasus: Pengelompokan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Berdasarkan Karakteristik Kesenjangan Ekonomi)

Dirgantara, Gideon Eka (2020) MATRIKS PEMBOBOT A MULTIDIRECTIONAL OPTIMUM ECOTOPE BASED ON ALGORITHM (AMOEBA) DAN NEAR NEIGHBOURHOOD KERNEL PADA GETIS ORD-G STATISTIC (Studi Kasus: Pengelompokan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Berdasarkan Karakteristik Kesenjangan Ekonomi). Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kesenjangan ekonomi antar wilayah merupakan fenomena global yang terjadi di Indonesia, khususnya pada wilayah provinsi Jawa Tengah. Indeks Gini Ratio, Indeks Theil-T dan Indeks Williamson dapat digunakan sebagai parameter kesenjangan provinsi Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelompokan kesenjangan ekonomi pada setiap Kabupaten/Kota di Jawa Tengah menggunakan metode Getis Ord-G Statistic dengan pembobot Contiguity, Near Neighbourhood Kernel dan AMOEBA. Hasil pengelompokan Hotspots menunjukan lokasi dengan kesenjangan tinggi dan harus diprioritaskan dalam program pembangunan dan pemerataan ekonomi daerah. Hasil analisis dari 3 pembobot akan dibandingkan menggunakan uji Kruskall Wallis. Hasil pengelompokan metode Getis Ord-G Statistic dengan pembobot Contiguity diperoleh kelompok Hotspots dari Indeks Gini Rasio sebanyak 3 Kabupaten, Indeks Theil-T tidak terbentuk Hotspots pada Kabupaten dan kelompok Hotspots dari Indeks Williamson sebanyak 1 Kabupaten. Hasil pengelompokan menggunakan pembobot Near Neighbourhood Kernel diperoleh Hotspots dari Indeks Gini Rasio sebanyak 2 Kabupaten, Hotspots dari Indeks Theil-T sebanyak 1 Kabupaten dan Indeks Williamson tidak terbentuk Hotspots. Hasil pengelompokan metode Getis Ord-G Statistic dengan pembobot AMOEBA diperoleh kelompok Hotspots dari Indeks Gini Rasio sebanyak 14 Kabupaten, Hotspot Indeks Theil-T sebanyak 15 Kabupaten dan kelompok Hotspots dari Indeks Williamson sebanyak 10 Kabupaten. Berdasarkan Kruskall Wallis didapatkan nilai Chi-Square untuk pembobot dan disimpulkan bahwa pengelompokan Getis Ord-G Statistic dengan pembobot AMOEBA lebih baik. Kabupaten Blora, Kota Magelang, Kabupaten Klaten, Kabupaten Magelang, Semarang dan Kabupaten Tegal adalah wilayah Hotspot yang harus diperhatikan pemerintah dalam mengusung program pembangunan dan pemerataan ekonomi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Getis Ord-G Statistic, AMOEBA, Contiguity, Near Neighbourhood Kernel, Kesenjangan Ekonomi.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Sains Terapan > Statistika (S1)
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 20 Jul 2020 06:54
Last Modified: 20 Jul 2020 06:54
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item View Item