PENGARUH DESAIN VELOCITY STACK TERHADAP PERFORMA MESIN HONDA CB 150R 150 CC

Pradipta, Yoga (2022) PENGARUH DESAIN VELOCITY STACK TERHADAP PERFORMA MESIN HONDA CB 150R 150 CC. Sarjana thesis, INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (536kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (203kB)
[img] Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (324kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (192kB)
[img] Text
SKRIPSI YOGA PRADIPTA FULL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Di jaman teknologi saat ini mesin otomotif sangat dituntut untuk menghasilkan performa tinggi dengan tingkat konsumsi bahan bakar rendah. Mesin yang sudah bersistem fuel injection, seluruh sistemnya diatur oleh perangkat ECU (Engine Control Unit). Kinerja dari motor bakar sangat dipengaruhi oleh aliran udara pada air intake system yang masuk pada ruang bakar. Setelah dilakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Desain Velocity Stack Intake Manifold terhadap Performa Mesin Honda CB 150R 150 cc” maka dapat disimpulkan bahwa Velocity stack dengan radius inlet 25 mm menghasilkan daya yang lebih tinggi dari varian yang lain dengan daya tertinggi yang dicapai sebesar 19 HP pada rpm 12133, sedangkan tanpa velocity stack daya tertinggi sebesar 17,6 HP pada rpm 11116. Torsi yang dihasilkan velocity stack dengan radius inlet 25 mm sebesar 12,8 Nm pada rpm 8524, sedangkan tanpa penggunaan velocity stack torsi tertinggi sebesar 11,35 Nm pada rpm 9362. Specific Fuel Consumtion yang dicapai velocity stack dengan radius inlet 25 mm sebesar 0,508875 kg/kW.jam, sedangkan tanpa velocity stack memiliki SFC sebesar 0,54 kg/kW.jam. Dalam penggunaan sehari-hari, velocity stack dengan radius inlet 25 mm sangat dianjurkan karena memiliki daya yang tinggi serta torsi didapat pada putaran bawah sehingga akselerasi lebih responsif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 29 May 2024 00:38
Last Modified: 29 May 2024 00:38
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/3426

Actions (login required)

View Item View Item