PENGARUH PENGGUNAAN KNALPOT STANDAR DAN RACING TERHADAP UNJUK KERJA SEPEDA MOTOR MATIK X UNTUK ROAD RACE

ROMANSYAH, WISNU SYAHRUL (2022) PENGARUH PENGGUNAAN KNALPOT STANDAR DAN RACING TERHADAP UNJUK KERJA SEPEDA MOTOR MATIK X UNTUK ROAD RACE. Sarjana thesis, INSTITUT SAINS &TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Desain knalpot yang lebih baik dari knalpot standar karena ada perubahan dimensi dari knalpot itu sendiri, baik dari diameter header pipe maupun silincernya sehingga knalpot custom dapat meningkatkan tenaga mesin. Secara umum knalpot custom dapat dibedakan menjadi bentuk panjang dan bentuk pendek. Permasalahan yang timbul adalah bagaimana cara mengetahui pengaruh penggunaan knalpot racing dan melakukan pengujian untuk mengetahui torsi, daya, dan backpressure pada knalpot standar dan knalpot racing sepeda motor matik x untuk road race. Penelitian pengaruh penggunaan knalpot standar dan racing terhadap unjuk kerja sepeda motor matik x untuk road race, bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan knalpot racing terhadap torsi, mengetahui pengaruh penggunaan knalpot racing terhadap daya, dan mengetahui pengaruh backpressure pada knalpot standar dan knalpot racing. Bahan penelitian sepeda motor matik x standar dan yang mengalami perubahan kapasitas silinder dengan bahan bakar pertamax, pengujian torsi dan daya menggunakan dynometer, pengujian konsumsi bahan bakar spesifik (sfc), pengujian backpressure. Penelitian pengaruh penggunaan knalpot standar dan racing terhadap unjuk kerja sepeda motor matik x untuk road race, memperoleh hasil: Penggunaan knalpot racing berpengaruh terhadap torsi yang dihasilkan sepeda motor, torsi maksimum pada sepeda motor menggunkan knalpot standar 17,51 N.m pada 5757 rpm, daya maksimum pada sepeda motor menggunakan knalpot racing adalah 20,23 HP pada 5519 rpm. Penggunaan knalpot racing berpengaruh terhadap daya yang dihasilkan sepeda motor, daya maksimum pada sepeda motor menggunkan knalpot standar 14,7 HP pada 9274 rpm, daya maksimum pada sepeda motor menggunakan knalpot racing adalah 17,4 HP pada 10096 rpm. Penggunaan knalpot racing berpengaruh terhadap back pressure, back pressure tertinggi pada knalpot santadar 3825,90 Pa diputaran 7000 rpm, sedangkan back pressure teringgi pada knalpot racing 1147,77 Pa diputaran 7000 rpm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Knapot,Back pressure Unjuk kerja, Torsi, Daya, Konsumsi bahan bakar spesifik
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 29 Feb 2024 01:19
Last Modified: 29 Feb 2024 01:19
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/3256

Actions (login required)

View Item View Item