PENGARUH DURASI LIFT KATUP DAN LOBE SEPARATION ANGLE CAMSHAFT TERHADAP UNJUK KERJA SEPEDA MOTOR MATIK X UNTUK ROAD RACE

PRABOWO, HANIFRUDIN (2022) PENGARUH DURASI LIFT KATUP DAN LOBE SEPARATION ANGLE CAMSHAFT TERHADAP UNJUK KERJA SEPEDA MOTOR MATIK X UNTUK ROAD RACE. Sarjana thesis, INSTITUT SAINS &TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Camshaft (istilah bengkel: noken as) merupakan salah satu mekanisme penggerak katup (valve). Bagian-bagian camshaft seperti valve lift (jarak angkat katup), valve lift duration (lama angkat katup), valve lift timing (waktu angkat katup), lobe separation angle (LSA) dan overlap akan mempengaruhi banyak sedikitnya campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Penelitian pengaruh durasi lift katup dan lobe separation angle camshaft sepeda motor matik x untuk road race, bertujuan : Mengetahui pengaruh durasi lift katup dan lobe separation angle camshaft terhadap daya dan torsi, konsumsi bahan bakar spesifik, dan rentang tenaga (power band). Bahan penelitian engine sepeda motor matik x menggunakan bahan bakar pertamax. Pengujian meliputi pengujian torsi dan daya menggunakan dynometer, pengujian konsumsi bahan bakar spesifik. Penelitian pengaruh durasi lift katup dan lobe separation angle camshaft sepeda motor matik x untuk road race, memperoleh hasil : sepeda motor dengan LSA camshaft dipersempit (100,75°) pada putaran 10096 rpm dengan daya 17,60 HP sedangkan pada mesin sepeda motor LSA camshaft standar (105,25°) waktu pencapaian daya maksimum pada putaran 5818 dengan daya 10,30 HP. Secara umum konsumsi bahan bakar spesifik mesin speda motor motor CS dan CM menunjukkan karakter yang sama yaitu redah pada putran 5250 rpm, selanjutnya mengalami mengalami peningkatan pada putaran mesin 7500 rpm. Rentang tenaga (power band) yang ditunjukkan oleh mesin sepeda motor CS dan CM adalah sebagai berikut, pada mesin sepeda motor CS rentang tenaga low to mid rpm adalah 7,10 – 10,0 HP dengan jangkauan putaran 5250 – 6750 rpm, sedangkan pada mesin sepeda motor CM rentang tenaga low to mid rpm adalah 13,60 – 14,60 HP dengan jangkauan putaran 5250 – 6750 rpm. Pada rentang tenaga mid to high rpm untuk mesin sepeda motor CM rentang tenaga mid to high rpm adalah 14,30 – 17,60 HP dengan jangkauan putaran 6750 – 10096 rpm, sedangkan mesin sepeda motor CS rentang tenaga mid to high rpm adalah 10,00 – 8,30 HP dengan jangkauan putaran 6750 – 10000 rpm

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Camshaft, lobe separation angle, valve lift timing, valve lift duration
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 29 Feb 2024 01:19
Last Modified: 29 Feb 2024 01:19
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/3254

Actions (login required)

View Item View Item