PENGARUH PENGGUNAAN COIL TIPE RACING DAN JENIS BUSI TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SPESIFIK DAN DAYA PADA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH

Ambiya, Muhammad Warashatul (2021) PENGARUH PENGGUNAAN COIL TIPE RACING DAN JENIS BUSI TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SPESIFIK DAN DAYA PADA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH. Sarjana thesis, INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan coil racing dengan dua jenis busi terhadap konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) dan daya pada sepeda motor empat langkah yang diterapkan pada motor Honda Supera X 125 tahun 2009. Penelitian dilakukan di Karbu Racing Jogja. Dalam pengujian ini alat ukur yang digunakan adalah dynotest untuk memperoleh data rpm, torsi, daya, konsumsi bahan bakar yang dihasilkan oleh pengujian menggunakan coil standar dan coil racing dengan variasi dua jenis busi berbeda dengan bahan bakar pertalite. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan tabel dan grafik untuk mengolah data tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi dan dokumentasi. Hasil pengujian torsi, daya dan konsumsi bahan bakar spesifik menggunakan coil standar dengan busi standar menghasilkan torsi maksimum 10,65 N.m, daya rata-rata 7,06 HP, dan konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) 0,25 Kg/kWh. Pengujian menggunakan coil racing dengan busi standar menghailkan torsi maksimum 10,31 N.m, daya rata-rata 6,91 HP dan konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) 0,23 Kg/kWh. Pengujian menggunakan coil standar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:02
Last Modified: 05 Feb 2024 03:02
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/3145

Actions (login required)

View Item View Item