STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS UKM MIE AYAM KOBAR JAYA MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP), STRENGTHS WEAKNESSES OPPORTUNITIES THREATS (SWOT), QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) DAN MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT)

Ardiansyah, Muhamad Hendrik (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS UKM MIE AYAM KOBAR JAYA MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP), STRENGTHS WEAKNESSES OPPORTUNITIES THREATS (SWOT), QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) DAN MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT). Sarjana thesis, INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.PDF.pdf - Accepted Version

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.PDF.pdf - Accepted Version

Download (162kB)
[img] Text
COVER.PDF.pdf - Accepted Version

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf - Accepted Version

Download (157kB)

Abstract

Dalam menjalankan bisnis, pengusaha harus semakin cerdas dan inovatif untuk mempertahankan dan menjadikan bisnisnya lebih baik lagi untuk menghadapi persaingan. UKM mie ayam Kobar Jaya adalah suatu usaha penjualan makanan yaitu mie ayam. Tujuan penelitian ini yaitu mencari parameter internal dan eksternal UKM mie ayam Kobar Jaya dengan menggunakan matriks IE dan mencari prioritas straregi bagi UKM mie ayam Kobar Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode Analytical Hierarchy Process (AHP), Strengths Weaknesses Opportunities Threats (SWOT), Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) dan Multi Attribute Utility Theory (MAUT). Dari hasil perhitungan didapat Skor bobot matriks IFAS sebesar 3,29. Sedangkan skor bobot matriks EFAS sebesar 3,41. Berdasarkan nilai ini, kondisi UKM mie ayam Kobar Jaya menempati posisi pada sel I, jadi UKM mie ayam Kobar Jaya dikategorikan Growth and build (tumbuh dan berkembang). Dari kelima strategi yang ada, tiga strategi utama antara Quantitative Strategic Planning Matriks (QSPM) dan Multi-Attribute Utility Theory (MAUT) sama, yaitu untuk peringkat yang pertama adalah pengembangan pasar baru dan meningkatkan jumlah produk yang dijual, kedua memperluas tempat usaha dan menambah fasilitas-fasilitas, dan yang ketiga yaitu bahan baku harus selalu segar dan berkualitas serta menentukan harga jual yang cocok bagi konsumen

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Analytical Hierarchy Process (AHP), Strengths Weaknesses Opportunities Threats (SWOT), Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) dan Multi Attribute Utility Theory (MAUT)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:02
Last Modified: 05 Feb 2024 03:02
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/3144

Actions (login required)

View Item View Item