ANALISA PENGARUH PERUBAHAN CELAH KATUP PADA KINERJA MOTOR 4 LANGKAH

PRIAMBUDI, SATRYA ANGGA RIO (2021) ANALISA PENGARUH PERUBAHAN CELAH KATUP PADA KINERJA MOTOR 4 LANGKAH. Sarjana thesis, INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis pengaruh penyetelan celah katup terhadap kinerja mesin dan menanggulangi kesalahan setelan celah katup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan pengujian performa mesin, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan alat pengujian yaitu dynotest, buret dan gas analyzer. Berdasarkan hasil pengujian maka dapat disimpulkan dari perbandingan antara kombinasi ukuran celah katup yang paling baik dengan kombinasi ukuran celah katup standar. Pada saat pengujian ukuran celah katup masuk standar 0,07 mm dan celah katup keluar 0.08 mm didapat daya tertinggi pada putaran mesin 6500 rpm sebesar 5,44361 kW, torsi tertinggi pada putaran mesin 4500 rpm sebesar 8,91 Nm dan SFC terendah saat pengujian mesin menggunakan setelan ukuran celah katup masuk 0,07 mm dan celah katup buang 0,08 mm berada di 6500 rpm sebesar 0,0354 kg/kWh, sedangkan ukuran celah katup yg yang paling baik, ukuran celah katup masuk 0,07 mm dan celah katup keluar 0,09 mm didapat daya tertinggi pada putaran mesin 7500 rpm sebesar 5,9656 kW, torsi tertinggi pada putaran mesin 5500 rpm sebesar 8,62 Nm dan SFC terbaik saat pengujian mesin menggunakan setelan ukuran celah katup masuk 0,07 mm dan celah katup buang 0,09 mm berada di 6500 rpm sebesar 0,0367 kg/kWh. Pengujian pada katup masuk ukuran 0,07 mm dan katup buang 0,08 mm menghasilkan CO2 sebanyak 10,45%, pengujian pada katup masuk ukuran 0,07 mm dan katup buang 0,09 mm menghasilkan CO2 sebanyak 9,26 %, angka CO2 tertinggi adalah yang paling efisien untuk operasi mesin motor. Pengujian pada katup masuk ukuran 0,07 mm dan katup buang 0,08 mm menghasilkan CO sebanyak 6,50 %, pengujian pada katup masuk ukuran 0,07 mm dan katup buang 0,09 mm menghasilkan CO sebanyak 8,35 %, prosentase terendah ini dirasa bagus, karena pembakaran bahan bakar yang maksimal. Pengujian pada katup masuk ukuran 0,07 mm dan katup buang 0,08 mm menghasilkan HC sebanyak 547 ppm, pengujian 0,07 mm dan katup buang 0,09 mm menghasilkan HC sebanyak 676 ppm, Angka kandungan Hidrocarbon yang kecil menunjukan bahwa bahan bakar motor terbakar secara sempurna. Pengujian ketiga pada katup masuk ukuran 0,07 mm dan katup buang 0,08 mm menghasilkan O2 sebanyak 1,06 %. Pengujian pada katup masuk 0,07 mm dan katup buang 0,09 mm menghasilkan O2 sebanyak 1,04 %. Semakin kecil kandungan oksigen dalam emisi gas buang maka semakin sempurna pembakaran yang terjadi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: celah katup, kinerja, motor
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:57
Last Modified: 12 Jan 2024 02:57
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/2941

Actions (login required)

View Item View Item