APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR UNTUK IDENTIFIKASI FURNITURE DALAM BAHASA INGGRIS

Andika, Markus (2021) APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR UNTUK IDENTIFIKASI FURNITURE DALAM BAHASA INGGRIS. Sarjana thesis, INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA.

[img] Text
Laporan Lengkap Skripsi Markus Andika.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan sekolah dasar adalah pendidikan yang memberikan pengetahuan dan keterampilan, dalam pendidikan sekolah dasar belajar bahasa INGGRIS salah satu pelajaran yang dianjurkan oleh setiap sekolah dasar. Dalam belajar berbahasa INGGRIS khususnya untuk mengenal furniture dalam bahasa INGGRIS masih banyak siswa/siswi yang belum bisa mengetahui nama-nama furniture. Sehingga diperlukan teknologi untuk memperkenalkan objek furniture dengan lebih menarik dan memudahkan para siswa/siswi belajar mengetahui informasi objek furniture tersebut sekaligus siswa/siswi dapat mengetahui nama bahasa INGGRIS dari furniture tersebut. Teknologi Augmented Reality berbasis android dapat digunakan sebagai pendekatan untuk membuat aplikasi. Metode marker based digunakan dalam merancang aplikasi. Wujud penerapannya berupa brosur cetak sebagai media untuk melakukan pemindaian marker. Sehingga aplikasi dapat menghasilkan tampilan berupa objek furniture dalam bentuk tiga dimensi (3D), informasi objek furniture. Aplikasi dibangun dengan menggunakan Unity 3D dan Vuforia. Hasil penelitian ini yaitu aplikasi berhasil melakukan pemindaian marker yang termuat dalam brosur dan menampilkan objek 3D, tombol informasi dari setiap objek furniture. Augmented Reality Furniture yaitu aplikasi berbasis android dimana aplikasi ini dibuat khusus siswa/siswi sekolah dasar belajar bahasa INGGRIS dengan menggunaka aplikasi ini siswa/siswi dapat melihat bentuk objek 3D serta nama bahasa INGGRIS dari setiap furniture yang akan discan, aplikasi ini hanya bisa digunakan pada furniture yang sudah disediakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality , marker, objek 3D, brosur, furniture sekolah dasar
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi & Bisnis > Informatika (S1)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:55
Last Modified: 08 Jan 2024 06:55
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/2749

Actions (login required)

View Item View Item