PENGARUH APLIKASI KNALPOT CUSTOM PADA KINERJA MOTOR BENSIN EMPAT LANGKAH 4 SILINDER

Prasetyo, Eko Aji (2021) PENGARUH APLIKASI KNALPOT CUSTOM PADA KINERJA MOTOR BENSIN EMPAT LANGKAH 4 SILINDER. Sarjana thesis, INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Jenis Knalpot ada dua, anatara lain (1) knalpot chamber, konstruksi knalpot chamber seperti pada knalpot standart, dan knalpot ini baik bekerja pada putaran bawah.(2) knalpot free flow. Knalpot dimana sistim pelepasan gas buang lebih ringkas dan singakat turbelensinya, sehingga dikenal dengan sistem pembuangan bebas (free flow) dan karena ini bermunculan knalpot racing (custom). Desain knalpot yang lebih baik dari knalpot standar karena ada perubahan dimensi dari knalpot itu sendiri, baik dari diameter header pipe maupun silincernya sehingga knalpot custom dapat meningkatkan tenaga mesin. Persiapan knalpot merupakan pengadaan knalpot custom dan knalpot standar. knalpot pada penelitian ini terdiri dari 2 variasi, yaitu: knalpot custom dan knalpot standar. Persiapan mobil merupakan proses pemasangan knalpot custom dan knalpot standar secara bergaantian pada mobil yang akan diuji. Pengujian mesin adalah proses pengujian mobil pada dynotest pada penelitian menggunakan : knalpot custom dan knalpot standar. Pengambilan data berupa putaran, daya, dan torsi yang diperoleh dari hasil print out alat uji dynamometer, pengujian emisi gas buang diperoleh dengan pengujian secara terpisah. Analisa dan pembahasan adalah proses pengolahan data hasil pengujian yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh dan perbedaan pemakaian : knalpot custom dan knalpot standar terhadap unjuk kerja pada mobil X. Penelitian memperoleh hasil sebagai berikut : torsi pada knalpot standar (KE01) menunjukkan kenaikan putaran sebesar satu satuan dengan nilai x konstan memberikan pengaruh terhadap torsi sebesar 0,036 Nm, dengan torsi berhubungan dengan variabel putaran sebesar 84 %, pada knalpot custom (KE02) menunjukkan kenaikan putaran sebesar satu satuan dengan nilai x konstan memberikan pengaruh terhadap torsi sebesar 0,036 Nm, dengan torsi berhubungan dengan variabel putaran sebesar 82,9 %. daya pada knalpot standar (KE01) kenaikan putaran sebesar satu satuan dengan nilai x konstan memberikan 0,025 HP, dengan variabel daya berhubungan dengan variabel putaran sebesar 98,2 %, pada knalpot custom (KE02) kenaikan putaran sebesar satu satuan dengan nilai x konstan memberikan 0,025 HP, dengan variabel daya berhubungan dengan variabel putaran sebesar 98 %. Perbedaan nilai dari torsi dan daya dapat disebabkan oleh Air Fuel Ratio (A/F ratio). Mobil dengan knalpot standar (KE01) dengan A/F ratio 17,5 menghasilkan torsi maksimal pada 4500 rpm sebesar 177,4 N.m dengan daya maksimal pada 6000 rpm sebesar 136 HP. Mobil dengan knalpot custom (KE02) dengan A/F ratio 19,4 menghasilkan torsi maksimal pada 4500 rpm sebesar 180,4 N.m dengan daya maksimal pada 6000 rpm sebesar 134,9 HP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Knalpot standar, Knalpot custom, Unjuk kerja, Torsi, Daya, Emisi gas buang
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:01
Last Modified: 05 Jan 2024 03:01
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/2586

Actions (login required)

View Item View Item