Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Institusi Secara Online Pada Masa Pandemi Covid-19

Sekarjati, Kartinasari Ayuhikmatin and Emaputra, Andrean and Utaminingtyas, Bekti (2023) Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Institusi Secara Online Pada Masa Pandemi Covid-19. JIME (Journal of Industrial and Manufacture Engineering), 7 (1). pp. 84-98. ISSN 2549-6336

[img] Text
Upload-Paper dan SK Kartinasari dkk.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor kepuasan mahasiswa terhadap layanan lembaga pendidikan di masa pandemi covid-19. Pada Desember 2019, isu virus corona menyebar di dunia. Hingga Maret 2020, isu virus corona hingga ke Indonesia. Beberapa kebijakan baru muncul dari pemerintah Indonesia berdasarkan perkembangan isu virus corona, salah satunya kegiatan pelayanan Lembaga Pendidikan yang dilakukan secara tatap muka kemudian dilakukan secara non tatap muka. Lembaga pendidikan merupakan salah satu lembaga yang terkena dampak kebijakan tersebut. Objek penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan secara random dengan menyebarkan kuesioner online melalui formulir evaluasi terstruktur yang terdiri dari beberapa pertanyaan untuk menilai layanan non tatap muka di Lembaga Pendidikan. Kualitas layanan (SERVQUAL) dan analisis kinerja kepentingan (IPA) digunakan sebagai metode dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software SPSS. Terdapat nilai gap sebesar -0,650 dari hasil analisis kualitas pelayanan di Lembaga Pendidikan. Hal ini berarti, mahasiswa aktif di Indonesia tidak puas dengan layanan non tatap muka di Lembaga Pendidikan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknologi Industri (D3)
Depositing User: Kartinasari Ayuhikmatin Sekarjati
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:16
Last Modified: 18 Oct 2023 07:16
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/2335

Actions (login required)

View Item View Item