ANALISIS PENGARUH TEMPERATUR TERHADAP EFISIENSI KINERJA SOLAR CELL PADA RANCANG BANGUN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) UNTUK PENERANGAN RUMAH TINGGAL

SOARES, ALBERTINO MONTEIRO (2021) ANALISIS PENGARUH TEMPERATUR TERHADAP EFISIENSI KINERJA SOLAR CELL PADA RANCANG BANGUN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) UNTUK PENERANGAN RUMAH TINGGAL. Sarjana thesis, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img] Text (skripsi)
Laporan Skripsi PDF.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada umumnya panel surya terbuat dari bahan foton yang mampu menyerap energi foton dari radiasi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Maka dari itu dalam penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh temperatur dan intensitas radiasi matahari yang tiba dipermukaan bumi setiap jam/hari. Mengetahui perubahan radiasi matahari dan temperatur terhadap kinerja daya dan efisiensi output panel surya. Penelitian ini menggunakan panel surya berkapasitas 200 Wp dengan jenis polycristalline. Dalam penelitan ini didapat bahwa pengaruh kinerja panel surya yaitu semakin besar radiasi matahari maka arus yang didapat semakin besar dan tegangannya juga besar. Temperatur permukaan mempengaruhi performa panel surya yaitu semakin besar temperaturnya maka tegangannya semakin kecil dan arus yag didapat juga semakin kecil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Panel surya, Radiasi matahari, Temperatur.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Novri Aditya Nugroho
Date Deposited: 09 Jun 2021 03:13
Last Modified: 09 Jun 2021 03:13
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/206

Actions (login required)

View Item View Item