SISTEM KOPLING HIDROLIK PADA SEPEDA MOTOR SPORT TIPE HONDA CB 100

Safaat, Alfianur and Putro, Carolus Bernado K. (2021) SISTEM KOPLING HIDROLIK PADA SEPEDA MOTOR SPORT TIPE HONDA CB 100. Diploma thesis, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img] Text (Tugas Akhir)
Laporan TA Sistem Kopling Hidrolik.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (25MB) | Request a copy

Abstract

Sistem kopling hidrolik pada sepeda motor sport tipe honda CB 100 adalah suatu alat peraga kopling yang dibuat sesuai dengan kendaraan sepeda motor. Alat ini berfungsi sebagai alat simulasi, untuk menunjukan bagaimana prinsip kerja, dasar kerja dan proses kerja dari kopling hidrolik. Alat ini dapat sebagai acuan pendidikan bagi pengetahuan tentang kopling hidrolik, sehingga dapat lebih memahami tentang kopling hidrolik. Pembuatan sistem kopling hidrolik pada sepeda motor sport tipe honda CB 100 sesuai dengan tahap yang telah ditentukan, dimana tahap itu sendiri adalah tahap pembelian, tahap perencanaan, tahap cutting, tahap pengelasan, tahap pengecatan, pemasangan komponen, tahap pengujian. Pada komponen sistem hidrolik menggunakan komponen-komponen yang mudah diperoleh, memiliki konstruksi sederhana, harga relatif murah dan mudah untuk dioperasikan. Sistem hidrolik ini telah melalui serangkaian tes dalam pengujiannya, dalam uji coba yang dilakukan, alat ini dapat memperlihatkan sistem kerja penggerak kopling hidrolik adalah memanfaatkan tekanan fluida minyak hidrolik, ketika tuas kopling ditekan piston pada master cylinder akan terdorong dan menekan minyak kemudian mendorong piston pada cylinder pembebas lalu menekan push rod dan membebaskan kopling, sebaliknya ketika tuas kopling dilepas pegas pada kopling dan seal pada piston cylinder pembebas akan membantu mengembalikan piston cylinder pembebas pada posisi semula, demikian juga minyak akan tertekan dan mendorong piston pada master cylinder kembali seperti semula sehingga kopling akan terhubung kembali. Gaya yang dibutuhkan untuk menekan tuas kopling lebih kecil yaitu sebesar 0,035 N sedangkan pada sistem mekanik sebesar 1,96 N, tidak membutuhkan pelumasan kabel kawat seperti pada penggerak kopling mekanik dan tidak beresiko terjadinya putus kawat kopling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kopling Hidrolik, Sepeda Motor Sport, Tipe Honda CB 100
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknologi Mesin (D3)
Depositing User: Novri Aditya Nugroho
Date Deposited: 08 Jun 2021 03:56
Last Modified: 08 Jun 2021 03:56
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item View Item