ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK MINYAK ZAITUN MENGGUNAKAN PETA KENDALI MULTIVARIATE EXPONENTIALLY WEIGHTED MOVING AVERAGE DAN MULTIVARIATE EXPONENTIALLY WEIGHTED MOVING VARIANCE (STUDI KASUS: PT. HERBA EMAS WAHIDATAMA)

Sintia, Gesti (2021) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK MINYAK ZAITUN MENGGUNAKAN PETA KENDALI MULTIVARIATE EXPONENTIALLY WEIGHTED MOVING AVERAGE DAN MULTIVARIATE EXPONENTIALLY WEIGHTED MOVING VARIANCE (STUDI KASUS: PT. HERBA EMAS WAHIDATAMA). Sarjana thesis, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img] Text (skripsi)
Laporan Skripsi Gesti Sintia .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari pengendalian adalah untuk mendeteksi penyimpangan yang terjadi agar dapat dilakukan suatu tindakan yang sesuai terhadap proses dan sistem yang digunakan dalam produksi. Perusahaan perlu melakukan pengendalian supaya proses produksi sesuai dengan standar yang ditetapkan perusahaan. PT. Herba Emas Wahidatama (HEW) memproduksi berbagai obat tradisional yang salah satunya produk minyak zaitun (extra virgin olive oil). Dalam proses produksi ada dua proses yaitu tahap primer dan sekunder, apabila dari kedua tahap tersebut terjadi kesalahan maka akan menghasilkan produk yang cacat sehingga perusahaan perlu melakukan pengendalian. Oleh karena itu, metode yang cocok untuk digunakan adalah peta kendali MEWMA dan MEWMV yang lebih sensitif terhadap pergeseran proses. Hasil analisis menggunakan model MEWMA dan MEWMV diperoleh proses produksi minyak zaitun tidak terkendali secara statistik baik fase I dan II. Model terbaik yang terpilih adalah model peta kendali MEWMA, karena memiliki selisih jarak antara titik pengamatan kamsimum dengan BKA yang lebih kecil yaitu 2,9234 dengan pembobot optimal λ = 0,6. Pada kemampuan proses produksi minyak zaitun secara multivariat baik terhadap presisi maupun akurasi diperoleh hasil tidak kapabel karena nilai indeks kemampuan proses kurang dari 1.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: MEWMA, MEWMV, Kemampuan Proses, Extra Virgin Olive Oil
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Sains Terapan > Statistika (S1)
Depositing User: Novri Aditya Nugroho
Date Deposited: 03 Jun 2021 03:33
Last Modified: 03 Jun 2021 03:33
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item View Item