PREDIKSI DATA KUALITAS UDARA PADA DAERAH YANG TIDAK TERSAMPEL MENGGUNAKAN METODE UNIVERSAL KRIGING BERDASARKAN PERSAMAAN TREND KUADRATIK (Studi Kasus: Kualitas Udara di Jalan Raya Daerah Istimewa Yogyakarta)

Laksminiasih, Enik (2021) PREDIKSI DATA KUALITAS UDARA PADA DAERAH YANG TIDAK TERSAMPEL MENGGUNAKAN METODE UNIVERSAL KRIGING BERDASARKAN PERSAMAAN TREND KUADRATIK (Studi Kasus: Kualitas Udara di Jalan Raya Daerah Istimewa Yogyakarta). Sarjana thesis, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img] Text (skripsi)
SKRIPSI ENIK LAKSMINIASIH.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pencemaran udara merupakan kondisi dimana turunnya kualitas udara yang bersumber dari kendaraan bermotor, limbah asap pabrik dan aktivitas rumah tangga, beberapa gas yang dihasilkan yaitu CO, NO2, dan PM10. Lokasi pemantauan kualitas udara di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta hanya terdapat 30 titik lokasi yang tentunya tidaklah cukup untuk menjangkau secara keseluruhan dari wilayah yang ada, oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan prediksi data kualitas udara pada wilayah - wilayah yang tidak tersampel dengan menggunakan metode Universal Kriging. Metode Universal Kriging merupakan salah satu metode geostatistika yang dapat diaplikasikan pada data spasial yang mengandung trend atau data yang tidak stasioner. Hasil analisis diperoleh bahwa kualitas udara di DIY pada pemantauan periode II tahun 2019 memiliki kualitas yang kurang baik, hal ini ditunjukkan pada hasil deskriptif data kualitas udara. Nilai MSE terkecil yaitu pada prediksi dengan menggunakan persamaan trend kuadratik yang menunjukkan bahwa pada variabel CO diperoleh model terbaik yaitu model semivariogram teoritis exponensial dengan nilai MSE yaitu sebesar 193251,52, pada variabel gas NO2 diperoleh model terbaik yaitu model semivariogram teoritis exponential dengan nilai MSE terkecil sebesar 549,48 sedangkan pada variabel PM10 diperoleh model terbaik yaitu pada model semivariogram teoritis Gauss dengan nilai MSE terkecil sebesar 9934,53.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Prediksi, kualitas udara, Universal Kriging, Trend kuadratik
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Sains Terapan > Statistika (S1)
Depositing User: Novri Aditya Nugroho
Date Deposited: 03 Jun 2021 03:21
Last Modified: 03 Jun 2021 03:21
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item View Item