USULAN PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI DENGAN METODE SYSTEMATIC LAYOUT PLANNING (SLP) DAN 5S (STUDI KASUS DI OMAH KREATIF DONGAJI)

Heryanto, Rachmaxena Zahwa Sisty (2021) USULAN PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI DENGAN METODE SYSTEMATIC LAYOUT PLANNING (SLP) DAN 5S (STUDI KASUS DI OMAH KREATIF DONGAJI). Sarjana thesis, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img] Text (skripsi)
SKRIPSI PDF.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Omah Kreatif Dongaji merupakan sebuah usaha yang bergerak dibidang industri batik cap. Perusahaan yang berlokasi di Bantul ini ditemukan kelemahan mengenai tata letak yang tidak tertata dengan baik dikarenakan adanya backtracking (aliran bolak – balik) dan crossmovement (aliran menyilang) sehingga terjadi jarak perpindahan yang jauh dan delay, proses produksi cap limbah kertas yang tidak ada area yang pasti sehingga pekerja sering mengerjakan proses tersebut ditempat–tempat yang kosong yang mengakibatkan perpindahan aliran material yang tidak teratur, serta Omah Kreatif Dongaji belum memiliki ruang display serta ruang transaksi yang bersifat privasi dan proses pelatihan yang belum berjalan lancar karena kurang tertatanya lahan yang tersedia, Omah Kreatif Dongaji juga berkeinginan untuk memberikan fasilitas penginapan bagi para peserta pelatihan. Penelitian ini bertujuan memberikan usulan alternatif tata letak fasilitas produksi dengan metode Systematic Layout Planning (SLP) dan 5S. Luas ruang produksi pabrik sebelum perbaikan adalah 113 m², setelah perbaikan luas area produksi menjadi 70,62 m². Jarak perpindahan material handling tata letak fasilitas produksi sebelum perbaikan dihitung secara euqlidean sebesar 146,98 m, sedangkan jarak perpindahan material handling tata letak fasilitas produksi setelah perbaikan yang dihitung secara euqlidean sebesar 60,13 m. Jarak perpindahan aliran material handling tata letak fasilitas produksi setelah perbaikan lebih efisien 59,1%. Luas area tata letak departemen pendukung bertambah sekitar 32.5%, yang mulanya 127 m² menjadi 188,53 m². Pada area tata letak departemen pendukung ditambahkan area workshop, penginapan serta 1 buah toilet. Pada area tata letak departemen pendukung ditambahkan area workshop yang lokasinya berada di belakang rumah A dengan ukuran panjang 9 m dan lebar 7 m serta penginapan bersebelahan dengan area workshop dengan total ukuran panjang 9 m dan lebar 2,5 m. Perbaikan lingkungan area produksi dan pendukung sesuai prinsip 5S akan tercipta suasana lingkungan yang nyaman, bersih, rapi, efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tata Letak Fasilitas, Systematic Layout Planning, Material Handling, 5S.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 02 Jun 2021 04:37
Last Modified: 02 Jun 2021 04:37
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item View Item