GEOLOGI DAN STUDI AWAL POTENSI GEOWISATA DAERAH SIDAREJA DAN SEKITARNYA, KECAMATAN SIDAREJA, KABUPATEN CILACAP, PROVINSI JAWA TENGAH 4/9 Lembar Peta Nomor 1308-521 (Sidareja)

Sulaiman, Sulaiman (2021) GEOLOGI DAN STUDI AWAL POTENSI GEOWISATA DAERAH SIDAREJA DAN SEKITARNYA, KECAMATAN SIDAREJA, KABUPATEN CILACAP, PROVINSI JAWA TENGAH 4/9 Lembar Peta Nomor 1308-521 (Sidareja). Sarjana thesis, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img] Text (skripsi)
SULAIMAN 131101135.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Peta Geologi.pdf

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Peta Geomorfologi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Peta Lintasan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Daerah penelitian terletak di Sidareja dan sekitarnya Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Propinsi Jawa Tengah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keadaan geologi daerah penelitian, yang meliputi seluruh aspek geologi serta mengkaji potensi awal geowisata di Sidareja dan Sekitarnya. Metode yang digunakan adalah pemetaan geologi permukaan meliputi beberapa tahapan, antara lain tahap pendahuluan, tahap lapangan, tahap peneliian laboratorium dan tahap akhir. Geomorfologi daerah penelitian dari subsatuan geomorfik perbukitan kubah terdenudasi (S11), subsatuan geomorfik perbukitan hogback terdenudasi (S14), subsatuan geomorfik dataran nyaris (D5), subsatuan geomorfik dataran alluvial (F1) dan subsatuan geomorfik tubuh sungai (F2) menempati 1,5 % dari luas daerah penelitian. Pola pengaliran yang berkembang berupa sub-dendritik dan sub-paralel, dengan stadia daerah dewasa. Stratigrafi daerah penelitian terdiri dari 3 satuan batuan diantaranya satuan batupasir karbonatan Halang, satuan satuan batupasir silika Kumbang, satuan breksi andesit Kumbang dan endapan campuran. Struktur geologi yang berkembang di daerah penelitian berupa Sesar naik Sidareja, Sesar mendatar kiri Sidareja dan Sesar mendatar kanan Karangreja yang seluruhnya terbentuk pada Kala Plistosen dengan kontrol tektonik, Sesumber geologi daerah penelitian berupa sumber daya air, lahan dan dan potensi geowisata. Bahaya geologi berupa longsoran (debris flow dan complexity landslide) dan bencana banjir. Berdasarkan kondisi obyek wisata yang berada Pemandian Air Panas Cipari dan Curug Cipari, Bukit Julang Ngadeg dan Curug Penyarang berada d Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Nilai potensi geowisata juga cukup terpenuhi walaupun pada keempat obyek wisata tidak memiliki keberagaman jenis batuan dan hanya tersusun oleh liotlogi yang sama yaitu satuan batupasir karbonatan Halang sehingga berpengaruh kepada aspek lainnya seperti aspek proses geologi dan sejarah geologi tiap obyek wisata. Selanjutnya, perlu peningkatan infrastruktur sarana dan prasarana pendukung untuk memenuhi kemudahan pengunjung wisata serta pengoptimalan dan penataaan yang lebih baik terhadap obyek wisata agar lebih menarik dan terpenuhi nilai dasar obyek wisata yaitu Sapta Pesona.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Geomorfologi, stratigrafi, geowisata, Sidareja, Cipari, Cilacap
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Fakultas Teknologi Mineral > Teknik Geologi (S1)
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:09
Last Modified: 02 Jun 2021 02:09
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/153

Actions (login required)

View Item View Item