GEOLOGI DAERAH SIDAREJA DAN SEKITARNYA KECAMATAN SIDAREJA KABUPATEN CILACAP PROVINSI JAWA TENGAH DENGAN STUDI KASUS BREKSI ANDESIT SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN SPLIT 4/9 Lembar Peta RBI Nomor 1308-521 (Sidareja)

Pratama, Viky Amiril (2021) GEOLOGI DAERAH SIDAREJA DAN SEKITARNYA KECAMATAN SIDAREJA KABUPATEN CILACAP PROVINSI JAWA TENGAH DENGAN STUDI KASUS BREKSI ANDESIT SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN SPLIT 4/9 Lembar Peta RBI Nomor 1308-521 (Sidareja). Sarjana thesis, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img] Text (skripsi)
SKRIPSI PDF.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi geologi daerah penelitian baik yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi, yang meliputi geomorfologi, stratigrafi, struktur geologi, sejarah geologi, dan geologi lingkungan di Daerah Sidareja dan sekitarnya, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Metode yang digunakan adalah dengan pemetaan geologi permukaan yang meliputi beberapa tahapan, antara lain tahapan pra-lapangan, tahap pemetaan geologi permukaan, tahan analisis laboratorium dan tahap penyusunan laporan, serta menguji dan menganalisis fragmen breksi andesit sebagai bahan baku pembuatan split. Geomorfologi daerah penelitian dibagi menjadi 2 satuan geomorfik dan 3 subsatuan geomorfik antara lain: Subsatuan Geomorfik Perbukitan Lipatan Kompleks Terdenudasi (S21) menempati ±55% luas daerah penelitian, Subsatuan Geomorfik Dataran Aluvial (F1) menempati ±43% luas daerah penelitian, Subsatuan Geomorfik Tubuh Sungai (F2) menempati ±2% luas daerah penelitian. Pola pengaliran di daerah penelitian subtrellis dan subparallel dengan stadia daerah dewasa menuju tua. Stratigrafi daerah penelitian terdiri dari 3 satuan batuan yaitu: satuan batupasir karbonatan Halang, satuan batupasir silika Kumbang, satuan breksi andesit Kumbang dan endapan campuran. Struktur geologi yang berkembang di daerah penelitian terdiri Sinklin Karang Pucung, Antiklin Karang Pucung, Antiklin Tertimbun Sidasari Diperkirakan, Sinklin Menunjam Cidadap Diperkirakan, Sinklin Karang Gedang dengan arah sumbu lipatan relatif baratlaut-tenggara. Sesumber geologi daerah penelitian berupa sumber daya air, sumber daya bahan galian, lahan geowisata. Bencana geologi di daerah penelitian adalah gerakan massa tipe aliran (debris flow). Hasil pengujian sampel Split atau Agregat kasar dari fragmen breksi andesit sebagai berikut berat jenis (bulk) 2,363 gr, berat jenis kering permukaan jenuh 2,457 gr, berat jenis semu 2,609 gr, penyerapan air 3,993 %, keausan 57,83 %. Dari hasil tersebut maka fragmen breksi andesit Kumbang tidak cocok untuk bahan campuran beton maupun bahan campuran aspal setelah di cocokan syarat dari SII 052–1980 dan Dirjen Bina Marga 1987, karena hasil pengujian semua tidak memenuhi standart dari SII 052–1980 dan Dirjen Bina Marga 1987, hanya berat jenis semu 2,609 gr yang memenuhi standart.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: geologi sidareja, geomorfologi sidareja, stratigrafi sidareja, struktur geologi sidareja, sejarah geologi sidareja, bahan baku pembuatan split.
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Fakultas Teknologi Mineral > Teknik Geologi (S1)
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 02 Jun 2021 01:56
Last Modified: 02 Jun 2021 01:56
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item