GEOLOGI DAN PENGARUH LITOLOGI TERHADAP KUALITAS AIRTANAH UNTUK AIR MINUM DAERAH BAKALAN DAN SEKITARNYA KECAMATAN PURWANTORO KABUPATEN WONOGIRI PROVINSI JAWA TENGAH 4/9 Lembar Peta RBI Nomor 1508-123 (Purwantoro)

Parry, Muhammad Aswin A (2021) GEOLOGI DAN PENGARUH LITOLOGI TERHADAP KUALITAS AIRTANAH UNTUK AIR MINUM DAERAH BAKALAN DAN SEKITARNYA KECAMATAN PURWANTORO KABUPATEN WONOGIRI PROVINSI JAWA TENGAH 4/9 Lembar Peta RBI Nomor 1508-123 (Purwantoro). Sarjana thesis, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img] Text (Skripsi)
DRAFT SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
PETA GEOLOGI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PETA GEOMORFOLOGI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PETA LINTASAN & LOKASI PENGAMATAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Daerah penelitian secara administratif terletak di daerah Bakalan dan sekitarnya, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan daerah penelitian agar dapat mengetahui kondisi geologi permukaan yang mencakup aspek geomorfologi, stratigrafi, struktur geologi, aspek sejarah geologi dan geologi lingkungan daerah penelitian serta untuk mengetahui pengaruh litologi terhadap kualitas air tanah untuk air minum. Metode yang digunakan untuk menganalisis dan memecahkan masalah dalam penelitian yaitu pengambilan data lapangan dengan cara pemetaan geologi permukaan, dengan pengamatan secara langsung unsur-unsur geologi, seperti geomorfologi, struktur geologi, dan geologi lingkungan yang didukung dengan analisis laboratorium dan literatur-literatur yang ada. Hasil dari penelitian, Daerah penelitian termasuk ke dalam fisiografi Pegunungan Selatan. Geomorfologi pada daearah penelitian dibagi menjadi 4 subsatuan geomorfik yakni subsatuan geomorfik dataran aluvial (F1), subsatuan geomorfik perbukitan dan pegunungan intrusi (V19), subsatuan geomorfik perbukitan bergelombang lemah terdenudasi (D1) dan perbukitan sampai pegunungan berlereng curam terdenunadasi (D2). Daerah penelitian memiliki jenis pola pengaliran berupa subparalel dengan stadia daerah berstadia muda menuju dewasa. Satuan batuan pada daerah penelitian dibagi menjadi 5 satuan batuan dan 1 endapan campuran. Berikut ini diurutkan dari yang paling tua ke yang paling muda yaitu: satuan breksi andesit Nglanggran, satuan kalsirudit Sampung, satuan kalkarenit Sampung, satuan intrusi andesit, satuan tuf Lawu dan endapan campuran. Struktur geologi daerah penelitian meliputi Sesar Mendatar Kanan Purwantoro, Sesar Mendatar Kiri Turun Kepyar diperkirakan, Sesar Turun Kanan Puhupelem, Sesar Turun Puhupelem diperkirakan dan Sesar Mendatar Kiri Bakalan diperkirakan. Sesumber berupa air, bahan galian, dan lahan pertanian. Bencana alam yang terjadi di daerah penelitian adalah gempa bumi, gerakan massa dan banjir. Hasil analisis studi kasus, sampel 1/LP 45 menunjukkan nilai Mg yaitu 19,44 mg/L, nilai Na 32 mg/L, nilai Ca yaitu 54,4 mg/L, nilai Al yaitu 0,2416 mg/L dan nilai Fe yaitu 0,0200 mg/L. Pada sampel 2/LP 75 didapatkan nilai CaCO3 yaitu 216 mg/L, nilai Ca yaitu 57,60 mg/L, nilai CO2 yaitu 38,6 mg/L. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan litologi mempengaruhi kualitas air tanah pada daerah penelitian, baik pada sampel 1 dan 2, serta kualitas air tanah pada lokasi tersebut belum memenuhi syarat sebagai air minum berdasarkan parameter wajib uji fisik dan kimiawi yang tidak berhubungan langsung dengan kesehatan menurut Permenkes RI No.492/Menkes/Per/IV/2010, karena nilai Al melebihi batas maksimum baku mutu pada kedua lokasi dan nilai kekeruhan pada sampel 1/LP 45 yang melebihi batas maksimum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Geologi, geomorfologi, stratigrafi, struktur geologi, airtanah
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Fakultas Teknologi Mineral > Teknik Geologi (S1)
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 02 Jun 2021 01:47
Last Modified: 02 Jun 2021 01:47
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item View Item