GEOLOGI DAN STUDI SIFAT KETEKNIKAN FRAGMEN BREKSI ANDESIT SEBAGAI BAHAN BANGUNAN DI DESA PENYARANG, KECAMATAN SIDAREJA, KABUPATEN CILACAP, PROVINSI JAWA TENGAH 4/9 Lembar Peta RBI Nomor 1308-521 (Sidareja)

Syauqi, Muhammad Iqbal (2021) GEOLOGI DAN STUDI SIFAT KETEKNIKAN FRAGMEN BREKSI ANDESIT SEBAGAI BAHAN BANGUNAN DI DESA PENYARANG, KECAMATAN SIDAREJA, KABUPATEN CILACAP, PROVINSI JAWA TENGAH 4/9 Lembar Peta RBI Nomor 1308-521 (Sidareja). Sarjana thesis, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img] Text (skripsi)
SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
PETA GEOLOGI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PETA GEOMORFOLOGI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PETA LINTASAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sifat keteknikan fragmen andesit dari satuan breksi andesit Halang ditinjau dari sifat fisik dan mekanik batuan serta dapat memberikan informasi kelayakan jenis batu andesit sebagai bahan baku batu alam sesuai dengan standar baku mutu SNI 03-0394-1989, khususnya di Desa Penyarang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Metode penelitian yang dilakukan oleh penyusun ada dua teknik yaitu teknik pengumpulan data primer berupa pengamatan dan pengambilan sampel di lapangan yang diteliti dan teknik pengumpulan data sekunder yang berupa pustaka yang diacu oleh penyusun untuk memperkuat data primer maupun sebagai pengetahuan dengan kasus yang serupa yang sudah pernah dilakukan oleh peneliti terdahulu. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan didapatkan hasil Nilai kuat tekan dari sampel yang diuji menunjukkan sampel kurang memenuhi standar baku mutu untuk bahan pondasi bangunan. Kedua sampel dapat digunakan untuk batu hias atau batu tempel menurut syarat mutu batu alam untuk bahan bangunan dari Departemen Pekerjaan Umum SNI 03-0394-1989. Oleh karena itu ditinjau dari nilai kuat tekan dan sifat fisik kedua sampel batu andesit dan standar baku mutu batu alam untuk bahan bangunan yang diambil di daerah Desa Penyarang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa tengah tidak memenuhi syarat untuk bahan kontruksi bangunan. Hasil analisis sifat fisik dan mekanik sampel batuan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sifat fisik, Mekanik batuan, Fragmen andesit, Satuan breksi andesit Halang, Kecamatan Sidareja, Desa Penyarang, Baku mutu.
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Fakultas Teknologi Mineral > Teknik Geologi (S1)
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 31 May 2021 04:37
Last Modified: 31 May 2021 04:37
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/146

Actions (login required)

View Item View Item