PELATIHAN ROBOT LINE FOLLOWER ANALOG BAGI SISWA SMK TKM TEKNIK PURWOREJO

Novianta, Muhammad Andang and Firman, Beny (2021) PELATIHAN ROBOT LINE FOLLOWER ANALOG BAGI SISWA SMK TKM TEKNIK PURWOREJO. DHARMA BAKTI, 4 (1). pp. 1-6. ISSN 2614-2929

[img] Text (Peer Review)
PR Pelatihan Robot Line Follower Analog BAgi Siswa SMK TKM Teknik Purworejo.pdf - Submitted Version

Download (696kB)

Abstract

Kurikulum di sekolah-sekolah banyak yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Salah satu perkembangan teknologi yang semakin canggih dalam era revolusi industri 4.0 adalah robotika. Seiring dengan pergeseran arah dunia pendidikan yang tersinkronisasi dengan kemajuan teknologi, pihak SMK Taman Karya Madya (TKM) Teknik Purworejo berkeinginan untuk memberikan kemampuan, keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi atau kecintaan siswa terhadap teknologi robotika.Pengabdian masyarakat ini bertujuanuntuk memberikan pengenalan atau pelatihan yang dikemas dalam bentuk kegiatan workshopsehari untuk dapat menarik minat dan bakat siswa SMK TKM Teknik Purworejo mengenal dasar robotik, komponen perangkat keras, perangkat lunak, serta melakukan perancangan perangkat keras dan lunak robot terutama Line Follower(Robot Pengikut Garis). Hasil dari kegiatan ini siswa mampu memahami komponen dasar dan konsep pemrograman robot line follower dan juga dapat membuat atau merakit sebuah modul robot line followerdengan baik, terbukti dengan dapat dioperasikannya robot yang dirakit oleh siswa. Terbentuknya 1 tim robotika baru di SMK Taman Karya Madya (TKM) Teknik Purworejo sebagai persiapan dalammenghadapi kejuaran lomba robot sejenis di tingkat nasional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pelatihan, pengikut garis analog, robotika
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Muhammad Andang Novianta
Date Deposited: 28 Feb 2023 00:39
Last Modified: 28 Feb 2023 00:39
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/1416

Actions (login required)

View Item View Item