PERANCANGAN SISTEM ABSENSI DENGAN KARTU TANDA MAHASISWA BERBASIS TEKNOLOGI RFID MENGGUNAKAN LOKAL SERVER DAN MYSQL DATABASE

PRIYATMOKO, ANGGA (2020) PERANCANGAN SISTEM ABSENSI DENGAN KARTU TANDA MAHASISWA BERBASIS TEKNOLOGI RFID MENGGUNAKAN LOKAL SERVER DAN MYSQL DATABASE. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
Skripsi - Angga Priyatmoko - 181042033.pdf - Accepted Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Salah satu hal penting yang ada pada lingkungan akademik adalah absensi kehadiran. Proses rekap absensi setiap instansi memilik cara tersendiri, ada yang manual menggunakan kertas maupun sistem online. Kampus IST AKPRIND Yogyakarta adalah salah satu yang sudah menggunakan sistem rekap dengan kertas dan input melalui sistem online. Tetapi, proses absensi online yang dilakukan di IST AKPRIND masih memilik kendala salah satunya yaitu proses yang lama ketika mahasiswa melakukan absensi dikarenakan harus antre satu persatu dan masih memungkinkan mahasiswa untuk melakukan titip absen. Oleh karena itu, skripsi ini akan membuat sebuah perancangan sistem absensi menggunakan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dengan teknologi RFID yang akan dihubungkan ke database MYSQL dengan komunikasi jaringan lokal yang diharapkan dapat menigkatkan kecepatan mahasiswa dalam melakukan absensi. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa alat tersebut mampu membaca data mahasiswa pada lokal server dengan tingkat keakuratan 100% dengan rata-rata pembacaan data pada lokal server hingga mendapatkan response data selama 2.113 mili detik atau sekitar 2,1 detik. Waktu ini juga dipengaruhi oleh jaringan yang digunakan, semakin baik jaringan tersebut maka akan semakin cepat proses pembacaan data dari lokal server.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Absensi, RFID, Database, MYSQL
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:25
Last Modified: 27 Aug 2020 02:25
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/126

Actions (login required)

View Item View Item