SISTEM KENDALI PID PADA TOWERCOPTER MENGGUNAKAN PENGATURAN SECARA MANUAL DENGAN LABVIEW SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAAN PID CONTROL SYSTEM IN TOWERCOPTER USING MANUAL TUNING WITH LABVIEW AS LEARNING MEDIA

WIBISONO, AGUNG (2020) SISTEM KENDALI PID PADA TOWERCOPTER MENGGUNAKAN PENGATURAN SECARA MANUAL DENGAN LABVIEW SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAAN PID CONTROL SYSTEM IN TOWERCOPTER USING MANUAL TUNING WITH LABVIEW AS LEARNING MEDIA. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
Agung Wibisono.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu mata kuliah di program studi Teknik Elektro adalah sistem kendali. Mata kuliah ini mempelajari tentang perancangan sistem kendali, dalam melakukan perancangan diperlukan perhitungan model matematika yang kompleks untuk mendapatkan gambaran tanggapan sistem terhadap aksi pengendalian yang sempurna. Sistem kendali sendiri di dunia industri sangat dibutuhkan terutama pada bidang otomasi industri dalam menentukan presisi khususnya pada sistem umpan balik. Kendala yang dihadapi mahasiswa dalam mempelajari sistem kendali adalah perancangan sistem kendali yang menggunakan model matematika yang kompleks yang membuat pembelajaran mata kuliah ini terlihat rumit. Guna mengatasi masalah tersebut dibuatlah modul praktikum sistem kendali ketinggian towercopter. Modul ini menggunakan metode tuning trial and error, metode ini tidak membutuhkan perancangan matematika yang kompleks. Plant yang digunakan adalah towercopter, karena towercopter dapat dilihat perubahan respon terhadap sistem pengendaliannya dengan mudah yang dapat membuat mahasiswa lebih memahami cara kerja dari sistem kendali PID tersebut. Modul ini menggunakan aplikasi Labview untuk HMI yang terdiri dari grafik perubahan sistem, parameter kendali, dan untuk kendali penuh pada modul ini. Modul praktikum sistem kendali ketinggian towercopter ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam memahami sistem kendali PID dan karakteristik masing-masing pengendaliannya. Pada penelitian ini didapatkan error pembacaan sensor ultrasonic sebesar 0,09 % terhadap jarak sesungguhnya. Tuning PID yang didapat pada penelitian ini dengan parameter Kp=2, Ki=0.008, dan Kd=5.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem kendali, PID, Towercopter, Labview
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:10
Last Modified: 27 Aug 2020 02:10
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item View Item