PENGARUH KEDALAMAN PEMOTONGAN TERHADAP KUALITAS (KEKASARAN) PERMUKAAN HASIL PEMBUBUTAN BAJA AISI 1045 MENGGUNAKAN MESIN QTN 100 U

Dyatmika, Yohanes Wahyu Tyas (2020) PENGARUH KEDALAMAN PEMOTONGAN TERHADAP KUALITAS (KEKASARAN) PERMUKAAN HASIL PEMBUBUTAN BAJA AISI 1045 MENGGUNAKAN MESIN QTN 100 U. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
SKRIPSI Yohanes wahyu TD fix print.pdf - Accepted Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mengetahui pengaruh variasi kedalaman pemotongan terhadap tingkat kekasaran permukaan benda kerja hasil permesinan bubut CNC pada baja AISI 1045, (2) Mengetahui pemotongan manakah yang paling berpengaruh terhadap kualitas kekasaran benda. Penelitian ini dilaksanakan dengan dengan menggunakan metode eksperimental yang melibatkan beberapa variabel. Variabel tersebut diantarannya adalah variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah tebal pemotongan, sedangkan variabel terikat merupakan hasil kekasaran permukaan benda kerja hasil permesinan bubut CNC. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan : (1) Berdasarkan hasil uji homogenitas dan data hasil uji statistik menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara tebal pemotongan terhadap kualitas (kekasaran) permukaan hasil pembubutan baja AISI 1045 menggunakan mesin QTN 100 U atau terdapat pengaruh yang signifikan. Hal tersebut didukung dengan hasil dari penghitungan faktor - faktor yang mempengaruhi tebal pemotongan, (2) Pada penelitian ini, pembubutan yang menghasilkan benda kerja dengan nilai kekasaran permukaan terendah dilakukan dengan kedalaman pemotongan 1 mm, (3) Hasil uji Post Hoc menunjukkan bahwa benda paling kecil mean difference terdapat pada tebal pemotongan 1 mm dengan nilai mean difference sebesar 2,03556 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa benda yang berpengaruh paling besar yaitu pada benda 1 atau benda dengan kedalaman pemotongannya 1 mm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembubutan, Kedalaman pemakanan, Kekasaran permukaan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:59
Last Modified: 26 Aug 2020 03:59
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/121

Actions (login required)

View Item View Item