ANALISIS TURBIN ANGIN HORIZONTAL TIPE TSD 500 DENGAN DAYA 500 WATT UNTUK KEBUTUHAN RUMAH TANGGA DI PT. LENTERA BUMI NUSANTARA (LBN) DI CIHERAS JAWA BARAT

WICAKSONO, RIYAN (2020) ANALISIS TURBIN ANGIN HORIZONTAL TIPE TSD 500 DENGAN DAYA 500 WATT UNTUK KEBUTUHAN RUMAH TANGGA DI PT. LENTERA BUMI NUSANTARA (LBN) DI CIHERAS JAWA BARAT. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
PDF DIGABUNG.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tenaga listrik sebagai salah satu sistem energi mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Saat ini, perkembangan energi terbarukan bertenaga angin menjadi fokus penelitian dan industriawan dikarenakan Indonesia berada di daerah ekuado yang mendapatkan pergerakan udara lebih banyak. Tujuan penelitian ini ialah Untuk mengetahui mengetahui seberapa besar tegangan yang dihasilkan oleh turbin berdasarkan kecepatan turbin angin yang terukur di PT LBN dan untuk mengetahui seberapa besar efisiensi system turbin angin yang digunakan berdasarkan setiap kecepatan yang terukur di dengan perbebanan di PT LBN. Hasil menunjukan bahwa pengukuran kecepatan angin selama bulan agustus ditunjukan angin sebesar 8,8 m/s dan kecepatan terendah pada bulan sebesar 3,8 m/s. Pada tengangan dengan nilai rata-rata 25.4 Volt dan arus dengan rata-rata 5 Ampere. Dari perhitungan tersebut didapat kebutuhan Baterai tipe Baterai OPzS 800 yang mempunyai tegangan normal 2 Volt, kapasitas 800 Ah atau 1,6 KWh. Pada simulasi digunakan ini dalam satu stringnya terdapat 12 buah baterai karena mengingat tegangan masukan inverter 24 V baterai sebanyak 5 buah. Hasil daya 500 watt, setiap keluarga bisa menikmati dampak dari pembangkit listrik tenaga bayu yang di buat oleh PT. LBN. Hasil daya input 2332 Watt dengan pemakaian 3 buah batre.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Energi Angin, PT. Lentera Bumi Nusantara
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2020 03:29
Last Modified: 25 Aug 2020 03:29
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item View Item