PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENGENALKAN ISEN ISEN SEBAGAI RAGAM HIAS PENGISI LATAR DALAM POLA BATIK

Ariyana, Renna Yanwastika and Susanti, Erma and Rosalina, Elvideswita Suangsih Sutysna and Nurnawati, Erna Kumalasari (2021) PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENGENALKAN ISEN ISEN SEBAGAI RAGAM HIAS PENGISI LATAR DALAM POLA BATIK. Seminar Multimedia & Artificial Intelligence. pp. 141-148. ISSN 978-623-97947-1-2

[img] Text
JurnalSMAI2021.pdf

Download (3MB)
[img] Text (per review)
Reviewer - Prosiding - Isen Batik.pdf - Accepted Version

Download (0B)

Abstract

Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan dengan beragam suku, agama ras dan budaya, tentu menyimpan budaya yang beragam salah satunya adalah batik. Batik merupakan warisan budaya yang menjadi maskot Indonesia. Dalam keberagaman desian batik, tentu sebagian besar memiliki isen atau ornament yang digunakan untuk mempercatik motif dari masing-masing batik. Setiap isen diciptakan dengan nilai estetika masing-masing. Memberikan sentuhan teknologi yang di visualkan dalam seni batik, terutama isen yang digunaan untuk mengisi latar pada pola batik, merupakan salah satu media yang efektif untuk memperkenalkan kecantikan seni batik. Diharapkan dengan divisualisasikannya seni isen yang digunakan untuk menambah nilai estetika dari batik akan mampu menumbuhkan kesadaran, kecintaan dan semangat memiliki masyarakat terhadap seni batik. Dalam penelitian ini, telah dibuat sebuah aplikasi multimedia interaktif dengan menggabungkan komponen penyusun multimedia seperti, suara, teks, gambar, video dan animasi serta unsur interaktifitas, yang di fokuskan pada pengenalan beragam jenis isen-isen yang digunakan untuk mengisi pola batik.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Informatika (S1)
Depositing User: Renna Yanwastika Ariyana
Date Deposited: 14 Jul 2022 06:45
Last Modified: 29 Nov 2022 03:13
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/1016

Actions (login required)

View Item View Item