PENYERAPAN AMONIA, NITRIT, NITRAT DAN FOSFAT PADA LIMBAH TAMBAK UDANG MENGGUNAKAN ALGA Chaetomorpha Crassa DENGAN METODE FITOREMIDIASI

Dany, Ajie Kusuma (2020) PENYERAPAN AMONIA, NITRIT, NITRAT DAN FOSFAT PADA LIMBAH TAMBAK UDANG MENGGUNAKAN ALGA Chaetomorpha Crassa DENGAN METODE FITOREMIDIASI. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
skripsi Ajie Kusuma Dany.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Semakin tinggi permintaan udang mengakibatkan semakin tingginya produksi akan udang, sehingga bertambah pula limbah yang terbentuk akibat kegiatan pembudidayaan udang yang akan berdampak terhadap lingkungan khususnya lingkungan air. Limbah tambak udang berupa nutrien dapat mengakibatkan eutrofikasi yang berdampak buruk bagi lingkungan air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penyerapan alga Chaetomorpha crassa dalam menurunkan kadar amonia, nitrit, nitrat dan fosfat pada limbah tambak udang. Penelitian ini meliputi penelitian pendahuluan untuk mengetahui konsentrasi pengenceran limbah tambak udang yang efektif untuk menurunkan nutrien dengan konsentrasi pengenceran 100%, 50% dan 10% dengan berat basah alga 100 gram selama 8 hari. Setelah didapatkan konsentrasi pengenceran yang efisien dilihat tingkat penurunan pada waktu tinggal 0, 2, 4, 6 dan 8 hari dengan berat basah alga 100 gram. Penelitian ini juga melihat seberapa besar pertumbuhan alga Chaetomorpha crassa dengan menghitung pertambahan berat basah alga. Hasil penelitian pendahuluan menunjukkan pengenceran limbah tambak udang untuk menurunkan nutrien paling efektif adalah pengenceran 100% dengan penyerapan amonia sebesar 0,0120 ppm, nitrit 0,0016 ppm, nitrat 0,0407 ppm, fosfat 0,1731 ppm dan berat alga sebesar 32,1280 gram. Hasil penelitian setelah ditemukan konsentrasi pengenceran yang efektif untuk menurunkan nutrien limbah tambak udang selama 8 hari yaitu amonia 0,0120 ppm, nitrit 0,1746 ppm, nitrat 0,6846 ppm, fosfat 0,3171 ppm dan pertumbuhan berat alga sebesar 19,08 gr. Alga Chaetomorpha crassa dapat diaplikasikan langsung kedalam limbah tambak udang untuk menurunkan nutrien pada tambak udang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Alga Chaetomorpha crassa, Fitoremidiasi, Limbah Tambak Udang
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Sains Terapan > Teknik Lingkungan (S1)
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:54
Last Modified: 25 Aug 2020 02:54
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/101

Actions (login required)

View Item View Item