PENGEMBANGAN PUZZLE GAME WAYANG PUNAKAWAN SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SENI DAN BUDAYA PADA ANAK

Ariyana, Renna Yanwastika and Kumalasanti, Rosalia Arum and Muhamad, Mansyur (2020) PENGEMBANGAN PUZZLE GAME WAYANG PUNAKAWAN SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SENI DAN BUDAYA PADA ANAK. Junal Teknologi (JURTEK), 13 (1). pp. 53-62. ISSN 2338-6711

[img] Text
Lengkap_Jurtek_Renna.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Reviewer - PENGEMBANGANPUZZLE GAME.pdf

Download (520kB)
[img] Text
Cek Similarity - Renna Yanwastika.pdf

Download (3MB)

Abstract

Semakin berkembangnya kemajuan teknologi tidak dipungkiri membawa pengaruh budaya asing turut andil masuk dalam lini kehidupan masyarakat Indonesia yang menyebabkan terjadinya goncangan budaya. Budaya yang memiliki nilai seni tinggi, kini dihadapkan pada dinamika budaya barat yang membawa dampak buruk dalam kehidupan. Banyak ditemukan ketidakcintaan generasi muda pada budaya sendiri, mereka lebih suka terhadap produk dan budaya dari luar. Memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memperkenalkan budaya pada anak melalui tokoh wayang punakawan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya Indonesia. Dalam penelitian ini, dikembangkan sebuah aplikasi game berjenis puzzle sebagai media pengenalan seni dan budaya melalui tokoh wayang punakawan pada anak. Game terdiri dari 3 level dimana tiap level menawarkan tingkat kesulitan yang berbeda. Adapun hasil pengujian yang dilakukan terhadap game menggunakan metode blackbox test menunjukkan bahwa aplikasi dapat diterima dan berjalan dengan baik sesuai dengan fungsi.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Informatika (S1)
Depositing User: Renna Yanwastika Ariyana
Date Deposited: 14 Jul 2022 06:30
Last Modified: 14 Jul 2022 06:30
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/1007

Actions (login required)

View Item View Item