Penentukan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah dengan Menggunakan Sistem Informasi Dan Geografis (SIG) Di Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara

Baba, Muhammad Farhan (2020) Penentukan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah dengan Menggunakan Sistem Informasi Dan Geografis (SIG) Di Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
SKRIPSI.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tersedianya tempat pembuangan akhir sampah yang memadai merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh suatu daerah, termasuk Kota Tidore Kepulauan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menentukan lokasi yang mempunyai potensi sebagai Tempat Pembuangan Akhir di Kota Tidore Kepulauan yang sesuai dengan SNI 19-3241-1994 dengan bantuan aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG), mengetahui karakteristik lahan calon tapak TPA dari sisi geologi, hidrologi, topografis, yang ada di Kota Tidore Kepulauan, mengetahui jumlah timbulan sampah di Kota Tidore Kepulauan dalam 5 tahun kedepan, dan mengetahui berapa luas lahan yang dibutuhkan TPA yang baru di Kota Tidore Kepulauan untuk jangka pemakaian 10 tahun. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan SNI 19-3241-1994 yang meliputi tahap regional dan tahap penyisih, dan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan analisis diskriptif dan teknik SIG yaitu buffer dan overlay. Populasi dalam penelitian ini adalah satuan unit lahan di Kota Tidore Kepulauan, dengan variabel kondisi geologis, kondisi hidrogeologis, kemiringan lereng, jarak dengan lapangan terbang, dan daerah lindung/cagar alam dan banjir, iklim, utilitas, kondisi tanah, lingkungan biologis, bau, kebisingan, estetika, dan ekonomi. Teknik pengolahan data yang digunakan analisis AND dan teknik pengharkatan (scoring). Berdasarkan penelitian ini terdapat lokasi yang memiliki potensi TPA sebagai di Kota Tidore Kepualauan sesuai dengan SNI 19-3241-1994 dengan aplikasi Arcgis sebanyak 5 lokasi dengan kriteria sangat sesuai (kelas I) di Desa Guraping Kecamatan Oba Utara, Desa Kaiyasa Kecamatan Oba Utara, Desa Togome Kecamatan Oba Tengah, Desa Siokona Kecamatan Oba Tengah dan 1 lokasi dengan kriteria sesuai (kelas II) di Desa Siokona Kecamatan Oba Tengah. Karakteristik lahan calon tapak TPA dari sisi geologi tidak berada pada zona bahaya geologi, sisi topografi dapat dilihat dari kemiringan tanah/kelerengan tanah sisi hidrologi dapat dilihat dari kelulusan tanah/permeabilitas tanah. Prediksi jumlah timbulan sampah di Kota Tidore Kepulauan setiap tahunnya yaitu tahun 2019 91,82 m3/hari, tahun 2020 91,84 m3/hari, tahun 2021 91,86 m3/hari, tahun 2022 91,88 m3/hari, tahun 2023 91,91 m3/hari. Luas lahan yang dibutuhkan TPA yang baru di Kota Tidore Kepulauan untuk jangka pemakaian 10 tahun sebesar 9,94 ha.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jumlah timbulan sampah, Luas lahan TPA, Kota Tidore Kepulauan, Pemilihan lokasi TPA, SIG
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Sains Terapan > Teknik Lingkungan (S1)
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:50
Last Modified: 25 Aug 2020 02:50
URI: http://eprints.akprind.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item View Item